5 Faktor Meningkatkan CPM Rate Iklan Blog Yang Tidak Diketahui Orang!

Artikel terkait : 5 Faktor Meningkatkan CPM Rate Iklan Blog Yang Tidak Diketahui Orang!

Bagaimana cara menaikan nilai CPM (cost per millions)? Banyak website ataupun blog yang membahas iklan PPC semisal adsense dan cara mudah meningkatkan penghasilannya namun sedikit sekali yang membahas tentang Cara Meningkatkan CPM Rate dari Iklan berjenis CPM seperti propellerads, adsterra, revenuehits, poptm dll. Untuk itulah seosmile akan mengulasnya agar kita sebagai blogger yang menghandalkan iklan CPM dapat mendapatkan Dollar lebih cepat dan lebih banyak.

Seperti yang kita ketahui bahwa Iklan CPM adalah jenis iklan yang membayar  setiap iklan tampil dalam kelipatan seribu, maksudnya apabila setiap iklan yang ditampilkan sudah mencapai 1000 kali maka kita akan mendapatkan dollar (pendapatan).

Namun dollar yang didapatkan pastilah bervariasi tergantung jenis iklan CPM yang kita pilih dan tentunya nilai rate CPM dari iklan itu. Rate inilah yang akan kita bahas bersama dan kita cari tahu faktor apa saja yang mepengaruhi nilai CPM iklan.

cara meningkatkan penghasilan adsterra, meningkatkan penghasilan adnow, propeller, revenuehits, adsense
Cara meningkatkan rate cpm iklan?
Berikut 5 faktor penting yang harus kalian perhatikan agar nilai rate atau cpm iklan semakin besar sehingga pendapatan kalian pun semakin tinggi.

Berikut 5 Faktor Penting Meningkatkan CPM Rate :

1). Target iklan

tentukan target iklan atau pembaca blog agar pendapatan iklan besar
Tentukan target iklan
Apa yang sulit untuk menguangkan?  Secara umum blog yang memiliki pengunjung besar maka akan menghasilkan pendapaan iklan yang baik, hal ini tidaklah salah namun juga bukan berarti benar 100%.

Dalam jenis persepsi orang yang benar-benar tidak mungkin seorang pengunjung memiliki keinginan untuk membeli sesuatu (yang diiklankan pada blog) jika informasi yang ia cari dengan apa yang sedang dibaca pada blog tersebut tidak relevan dengan iklan yang muncul.
Contohnya: kamu sedang mencari hp android harga 1 juta-an kamu search di google dan menemukan sebuah artikel yang mengulasnya, pada saat kamu mengunjungi blog tersebut ternyata ada iklan yang bermunculan yaitu iklan dengan gambar mobil saja, apakah mungkin kamu ingin mengklik iklan tersebut? saya rasa sangat kecil kemungkinannya karena yang kamu cari bukanlah mobil.
Itulah arti niche (genre) blog yang baik. Semakin bagus niche blog kita, maka akan semakin tinggi CPM rate yang kita dapatkan. Karena pengunjung terarah dengan iklan yang muncul (berkaitan).


2). Sumber Traffic

sumber traffic pengunjung visitor darimana
Sumber traffic
Darimanakah mayoritas pengunjung setia blogmu berdatangan? Jika jawabannya dari hasil pencarian mesin pencari maka beruntunglah blogmu.

Lalu apa alasannya mengapa sumber pengunjung sangat penting? Jawabannya ialah karena semakin bagus asal pengunjungmu dengan apa yang diiklankan maka akan semakin besar nilai CPM rate.
Contoh : iklan yang tertera pada sebuah blog tentang asuransi di negara Inggris sedangkan kamu orang Indonesia maka pastilah iklan tersebut tidak relevan dan akan menyebabkan CPM rate mu semakin rendah.
Beda jika apa yang ditayangkan pada iklan tersebut merupakan asuransi di Indonesia, maka kemungkinan peluang untuk kamu melihat iklan tersebut lebih dalam akan semakin besar sehingga nilai CPM rate pun naik.

Mesin pencari akan memberikan hasil pencarian yang paling relevan dengan apa yang sedang dicari pengunjung. "So this is great for you!"

Berikut gambaran sumber pengunjung sebagai aturan praktis untuk menunjukkan tingkat perkiraan (catatan hal ini tidak dapat dijadikan patokan):
  • Sebagian besar situs web memiliki < 0,5$ CPM
  • Situs sosial yang tidak memiliki iklan langsung tim sales < 0,25$ CPM
  • Website yang sedang menggunakan jaringan banner iklan memiliki < 1$ CPM
  • Situs referensi niche memiliki > 5$ CPM atau kadang-kadang jauh lebih tinggi, tergantung pada kualitas niche


3). Page View vs Visitor

Page view vs visitor
Iya pasti kalian sudah tahukan CPM itu apa? ya, CPM akan membayar sesuai jumlah pengunjung blog yang melihat iklan dalam satu waktu. Sehingga semakin banyak visitor dan page view maka akan semakin besar nilai CPM rate nya.

Tapi ingat ya, web atau blog bagus adalah yang memiliki jumlah page view lebih dari dua kali visitor-nya (semakin tinggi jauh lebih baik). Karena semakin besar nilai page view dari sebuah blog maka dapat mengindikasikan bahwa pengunjung blogmu membaca lebih dari satu artikel, berarti menandakan artikel dalam blogmu cukup menarik.


4). Bounce Rate

cara menurunkan bouncerate
Bounce rate sebuah blog
Percuma situs atau blog kamu jika meiliki visitor dan page view yang tinggi namun nilai bounce rate-nya sangat tinggi. Bounce rate sendiri adalah nilai dalam persentase yaitu jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog atau situs kita setelah membuka sebuah halaman atau artikel pada blog kita.

Jadi, semakin besar nilai bounce rate maka asumsinya ialah semakin kecil peluang orang untuk dapat betah berlama-lama dalam blog dan peluang mengklik iklan atau melihat iklan pun semakin kecil.

Oleh karena itu, buatlah artikel yang memiliki kualitas dan sesuai dengan judul yang tertera pada topik ulasan tulisan, karena semakin bagus tulisan dan semakin relevan maka pengunjung akan semakin lama untuk membaca dan nilai bounce rate web kita akan semakin kecil.

Untuk mengecek bounce rate dari sebuah situs kalian dapat mengunjungi situs alexa atau dari tools statistik, contohnya Google Analytics, Hitstats, dll.


5). Situs Kecil vs Situs Besar

blog kecil vs blog besar
Blog besar vs Blog kecil
Situs yang meiliki popularitas tinggi maka akan meningkatkan nilai CPM nya. Lain halnya dengan situs kecil yang belum tersohor. Karena pastinya para advertiser pengiklan akan jauh lebih senang iklan mereka tampil pada situs besar yang terpercaya dibandingkan dengan situs baru yang belum memiliki reputasi yang baik.
Itulah 5 Faktor Meningkatkan CPM Rate Iklan Blog Yang Tidak Diketahui Banyak Orang semoga sedikit ulasan ini dapat membantu kita untuk dalam meningkatkan penghasilan kita dari Internet. Salam Blogger  . . .

Artikel SEO Smile Lainnya :

6 komentar:

  1. Wah, sangat berguna sekali gan. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sanjaya, semoga bermanfaat dan terima kaish atas kunjungannya.
      Ditunggu next kunjungannya ya :D

      Delete
  2. Replies
    1. Ok sama-sama Heriyanto, thanks buat kun jungannya ke seosmile

      Delete
  3. mas blognya bagus. sekalian tanya mas, saya juga pake template sevida tapi kok "load more post" nya tidak berfungsi layaknya blog ini, alias cuma loading2 doang. saya dah coba ganti-ganti dari sevida 2.0 sampe ke 2.5, semua sama aja.
    pengaturannya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba diupload sesuai intruksi yang ada di dokumentasi sevida, semoga work ya

      Delete

Copyright © 2015 SEO Smile | Powered by Blogger