Apa Bisa Blog Tanpa Back Link Memiliki Banyak Pengunjung?



Bisakah Blog Tanpa Backlink
Mendatangkan Banyak Visitor
organik?
­ Pertanyaan seperti ini
banyak saya temukan di beberapa
forum online blogger dan juga grup sosial
media semacam facebook.

Visitor organik sendiri adalah visitor atau pengunjung blog yang berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dsb. Menurut saya backlink merupakan salah satu pokok acuan sebuah artikel itu bagus, karena dengan banyaknya backlink maka artikel kamu atau blog kamu memiliki kualitas artikel yang baik di mata manusia oleh sebab itu mesin pencari akan menganggapnya juga sebuah hal yang sama

Apa Bisa Blog Tanpa Back Link Memiliki Banyak Pengunjung? seosmile
Apa Bisa Blog Tanpa Back Link Memiliki Banyak Pengunjung?

Tapi tahukah kamu bahwa ada juga ternyata artikel yang tidak memiliki sebuah backlink namun dapat nangkring di halaman pencarian mesin pencari. Loh kok bisa? Gimana caranya bisa begitu? Sabar mari kita telaah lebih dalam bersama.

Perkembangan mesin pencari yang tidak hanya melihat faktor backlink, seo, dll menyebabkan banyak master seo kewalahan dan gagal paham apa yang sebenarnya diinginkan mesin pencari.

Pada beberapa artikel saya ini tidak saya terapkan backlink namun nyatanya pengunjung tetap berdatangan untuk membaca artikel saya ini. Jadi ternyata memang bisa juga artikel tanpa ada backlink tetap digemari pengunjung.


Berikut seosmile sajikan beberapa faktor yang mempengaruhi popularitas sebuah artikel:

Meskipun google secara spesifik tidak pernah secara pasti menyebutkan bagaimana mereka melakukan penilaian terhadap peringkat sebuah situs di hasil pencarian.

Namun berdasarkan informasi dari pakar seo, beberapa hal ini sangat berperan sekali dalam memberikan pengaruh terhadap popularitas sebuah artikel dan jumlah visitor artikel kamu di hasil pencarian google, bing dsb terlepas dari jumlah backlink yang dimiliki oleh blog atau artikel tersebut:

1). Page View Artikel 

Semakin banyak page view dari sebuah artikel maka artikel tersebut kemungkinan besar akan terus naik ke posisi atas mesin pencari.

Mengapa? Karena semakin tinggi page view dari sebuah blog maka menandakan bahwa artikel atau isi dari blog itu menarik dan saling berkaitan. Sehingga mesin pencari pun akan memprioritaskan blog kamu.

Inget dalam kalimat sebelumnya berkaitan!!! Jadi, kamu harus punya blog yang memiliki satu niche. Misal blog seosmile ini yang membahas tentang dunia blogging dan internet. Artikel-artikel yang ada di seosmile saling berkaitan dan saling mendukung sehingga page view dari blog ini pun lumayan (alhamdulillah 😀 )

Wow, jadi intinya terus tingkatkan page view artikel blog kamu ya dengan cara membuat artikel yang berkualitas dan saling berkaitan.

2). Dwell Time 

Dwell Time yaitu waktu seberapa lama pengunjung yang membaca artikel kita untuk kembali ke mesin pencari. Indikasinya terlihat pada bounce rate artikel kita. Semakin kecil bounce rate maka artikel kita akan semakin melaju ke peringkat teratas mesin pencarian.

Dwell time adalah salah satu unsur penting yang melibatkan pengguna blog kamu yang dapat mempengaruhi peringkat blog dimata mesin pencari. Solusi agar pengunjung betah membaca artikel kita ialah dengan cara membuat artikel yang berkualitas dan enak dibaca.

  • Baca Juga: 7 Langkah Terbaik Membuat Artikel Yang Enak Dibaca.

3). SERP CTR 

Semakin banyak orang yang mengklik judul artikel kita di hasil pencarian mesin pencari maka akan menambah nilai baik untuk artikel kita. Dengan begitu mesin pencari akan terus memprioritaskan artikel kita untuk terus berada di peringkat teratas.

Solusinya buatlah judul yang unik, menarik, dan “eye catching”

  • Baca Juga: Panduan Membuat Judul Post Yang Ampuh Menarik Pengunjung.

4). Bouncerate 

Bouncerate adalah waktu yang dihabiskan pengunjung untuk menelusuri halaman blog atau waktu pengunjung untuk membaca artikel kita hingga pergi dari blog yang kita miliki. Bouncerate juga akan mempengaruhi kualitas artikel kita. Dengan kecilnya bouncerate maka menandakan artikel kita semakin baik dan berkualitas.

Jika pengunjung saja suka pastilah mesin pencari juga suka. Jadi, intinya buatlah artikel untuk “orang” bukan untuk “robot” 😀

Itulah beberapa Faktor Agar Artikel Atau Blog Yang Tanpa Back Link Dapat Berada Di Peringkat Satu Pencarian Google. Semoga dengan adanya artikel ini mampu menambah wawasan blogging kita semua ya. Terima kasih atas kunjungannya dan jika ada yang ingin ditanyakan silakan berkomentar.

This article has 2 comments

    • seosmileadmin Reply

      iya semua orang tetap harus belajar, siapapun dia bahkan master sekalipun. Tidak hanya di dunia blogging tapi hal lain pun tetap sama.

      Thanks, buat kunjungannya 😀

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *