Ternyata Ini Penyebab Pin Adsense Tidak Kunjung Datang

Kalian sudah tahu salah satu penyedia iklan terbesar di dunia saat ini Google Adsense? Ya saya rasa pasti sebagian besar dari kalian terutama para blogger sudah mengetahuinya.

Google Adsense memang menjadi primadona para publisher iklan.

Karena selain memberikan penghasilan yang menjanjikan, Google Adsense juga menampilkan iklan yang sangat relevan dan tentunya ramah terhadap semua pengunjung blog yang kita miliki.

Namun, untuk menjadi bagian dari Adsense tidaklah mudah.

Karena dibutuhkan perjuangan yang lumayan melelahkan (terutama bagi saya).

Kamu dituntut memiliki blog yang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak Adsense.

Setelah kamu menjadi bagian dari Adsense, maka langkah selanjutnya memulai me-monetize blog yang kamu punya.

Dengan memasang iklan dari Adsense dan setelah saldo mencapai minimal 10 US$ maka kamu akan dikirimkan sebuah PIN Google Adsense oleh pihak Adsense

Pin inilah nantinya yang digunakan pihak Adsense untuk memverifikasi alamat setiap publisher-nya.

Penyebab Pin Adsense Tidak Kunjung Datang
Kenapa PIN Adsense tidak datang-datang?

Berikut saya berikan sedikit pengalaman saya dalam menanti kedatangan PIN Google Adsense tersebut. 


Sebelumnya saya memiliki akun adsense hosted dan karena saldonya telah mencapai batas minimum untuk mendapatkan PIN Adsense maka saya pun sangat senang.

Awalnya bingung, apakah PIN adsense akan dikirimkan secara otomatis oleh pihak Adsense atau saya harus mengajukan permintaan dahulu sebelum PIN dikirimkan?

Dan setelah browsing dan tanya-tanya ke beberapa teman dan forum blogger, saya pun tahu bahwa PIN Google Adsense akan dikirimkan secara otomatis oleh pihak Adsense setelah saldo akun kita telah mencapai minimum 10 US$.

Namun sebelum itu, kamu harus memastikan bahwa alamat di akun Adsense kamu, lengkap dan tepat.

Kamu juga bisa tambahkan kode pos di daerahmu. Karena dari pengalaman, pihak Adsense mengirimkan PIN melalui jasa Pos.

Oke, kembali ke kisah saya. Saldo Adsense sudah mencapai 10 US$ lebih dan alamat pun sudah lengkap dan benar. Maka saya pun menunggu kedatangan itu si PIN.

Untuk info, bahwa PIN Google Adsense biasanya dikirimkan 3-4 minggu. Karena PIN tersebut dikirimkan dari luar negeri sehingga membutuhkan waktu yang relatif lama. So, kalian harus sabar menanti!!!

Sudah satu bulan lebih dari hari pertama dimana seharusnya saat ini saya sudah menerima PIN Adsense. Namun, nyatanya PIN tak kunjung datang.

Saya kira alamat saya salah. Dan setelah saya cek ternyata sudah benar dan tepat. Maka jadilah saya meminta pengiriman PIN ke pihak Adsense.

Perlu diketahui bahwa pengajuan atau permintaan PIN Google Adsense maksimum tiga kali.

Dan apabila setelah tiga kali tidak kunjung datang maka langkah terakhir dengan verifikasi akun Adsense menggunakan kartu penduduk.

Karena saya telah mengajukan permintaan PIN untuk kedua kalinya, maka saya pun sedikit cemas bercampur was-was.

Satu minggu terlewati, dua minggu terlampaui, tiga minggu, dan akhirnya minggu keempat saya menanti kedatangan PIN Google Adsense. Tapi lagi-lagi PIN belum tiba juga.

Dan saya masih berpikir positif untuk menantikan kedatangan PIN Adsense.

Tapi setelah hampir satu bulan setengah saya menunggu ternyata PIN tidak tiba juga ๐Ÿ™

Saya pun memutuskan untuk mendatangi langsung kantor pos. Karena saya berasumsi bahwa mungkin PIN saya terselip atau sudah dikirim namun salah alamat.

Sampai dikantor saya pun menanyakan ke petugasnya. Beliau menanyakan dari mana pengirimnya? Dan ada no. resinya?

Kan itu PIN mana mungkin ada no. resinya pikir saya. Langsung saja saya jawab “Dari luar negeri (google) dan nggak ada resinya”

Petugas pun mencari-cari PIN yang saya maksud. Dan ternyata petugas yang bertugas mengantarkan barang sudah pergi dan beliau kurang paham dengan apa yang saya maksud.

Jadilah penantian berikutnya.

Saya diberikan nomor handphone si kurir. Namun saya memutuskan untuk kembali saja lain waktu.

Beselang beberapa hari, saya pun kembali mendatangi kantor pos dan kebetulan petugas yang mengirimkan surat dan barang belum pergi.

Saya pun menanyakan kepada beliau.

“Pak saya mau nyari paket kiriman, dari Google”

Tanpa “ba-bi-bu-be-bo”, petugas langsung kembali ke dalam. Dan setelah keluar beliau membawa segepok PIN Adsense.

“Namanya siapa mas?”

Saya sebutkan naman saya. Dan ternyata di tumpukan PIN-PIN Adsense tersebut terdapat dua amplop yang ditujukan pada saya dari pihak Google Adsense.

Dari kedua amplop tersebut yang membedakan hanya tanggal dan bulannya saja.

Tapi tak apalah, ternyata oh ternyata Penyebab PIN Adsense Tak Kunjung Tiba salah satunya karena PIN Google Adsense mendekam di kantor pos ๐Ÿ˜€ . . .

Alhamdulillah pikir saya, yang penting PIN ada dan akun saya sekarang telah terverifikasi.

Dan untuk saat ini saya sedang meng-upgrade akun Adsense saya ke akun non-hosted. Semoga diterima dan disetujui pihak Adsense (aamiin).

bentuk Pin adsense
Pin Adsense

Jadi kesimpulannya:

Jika PIN Google Adsense kalian tidak kunjung datang?

Mungkin karena saldo minimum akun adsense kalian belum tercukupi atau salah alamat pengiriman. Dan atau karena pihak kantor pos belum mengirimkan PIN tersebut.

Maka solusinya: Pastikan semua kebijakan adsense kalian penuhi, alamat kalian benar dan tepat, serta ambilah PIN kalian jika dirasa telah tiba di kantor pos istilahnya (jemput bola).


Itulah kisah dan pengalaman saya untuk mendapatkan PIN dari Google Adsense. Jika kalian punya pengalaman lain tentang “penantian pin adsense” bisa dituliskan di kolom komentar ya ๐Ÿ˜€

Terimakasih atas kunjungannya dan doakan ya akun adsense hosted saya keterima menjadi akun non-hosted (aamiin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *